18 Nilai Pendidikan di Sekolah
Nilai-nilai pendidikan karakter perlu
dijabarkan sehingga diperoleh deskripsinya. Deskripsi beguna sebagai batasan
atau tolok ukur ketercapain pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter di
sekolah. adapun 18 nilai-nilai pendidikan karakter didiskripsikan adalah
sebagai berikut :
Tabel 1 Deskripsi Nilai Pendidikan
Karakter
Nilai Deskripsi
1. Religius: Sikap dan
perilaku yang patuh dalam melaksanakanajaran agama yang dianutnya, toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama
lain.
2. Jujur: Perilaku yang
didasarkan pada upaya menjadikan dirinyasebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi: Sikap dan
tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan
tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin:
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuhpada berbagai ketentuan dan
peraturan.
5. Kerja Keras: Perilaku
yang menunjukkan upaya sungguh-sungguhdalam mengatasi berbagai hambatan belajar
dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif: Berpikir dan
melakukan sesuatu untuk menghasilkan caraatau hasil baru dari sesuatu yang
telah dimiliki.
7. Mandiri:
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung padaorang lain dalam
menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis: Cara
berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai samahak dan kewajiban dirinya
dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu: Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untukmengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebang-saan:
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yangmenempatkan kepentingan bangsa dan
negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air: Cara
berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkankesetiaan, kepedulian, dan
penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,
ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai
Prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untukmenghasilkan
sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati
keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/Komuniktif:
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara,bergaul, dan bekerja sama
dengan orang lain.
14. Cinta Damai: Sikap,
perkataan, dan tindakan yang menyebabkan oranglain merasa senang dan aman atas
kehadiran dirinya.
15. GemarMembaca:
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagaibacaan yang memberikan
kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegahkerusakan pada lingkungan alam
di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam
yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial: Sikap
dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuanpada orang lain dan masyarakat
yang membutuhkan.
18. Tanggun jawab: Sikap
dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugasdan kewajibannya, yang
seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,
sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Oleh : SMA N 16 Surabaya
Komentar
Posting Komentar